Profil Wakil Gubernur Kepulauan Riau

Kategori: Profil
Diterbitkan pada Rabu, 16 Oktober 2013 01:50
Ditulis oleh Admin BLH Kepri
Dilihat: 26678

Riwayat Hidup


Nurdin Basirun adalah lulusan Megister Sains (Program Doktor) Universitas 17 Agustus Surabaya pada Tahun 2010. Pada Tahun 2002, beliau menamatkan pendidikan pada Universitas Lancang Kuning, dan di Tahun 2005, beliau menamatkan pendidikan Ilmu Komunikasi pada Pasca Sarjana Universitas DR. Soetomo. Nurdin Basirun lahir di Moro, pada Tanggal 7 Juli 1957, merupakan sosok yang tegas dan berkarakter, yang merintis karier dari bawah. Sebagai seorang pelaut pernah beliau rasakan, membuktikan bahwa beliau merupakan seorang pekerja keras, dan pada tahun 2001 beliau menjajaki karier di dunia pilitik dan sistem pemerintahan.


Pada Tahun 2001 – 2005 beliau di percaya untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Bupati Karimun, dan hingga akhirnya di tahun 2006 – 2011 dan pada tahun 2011- 2016 beliau di percaya untuk menjabat dan sekaligus memimpin Kabupaten Karimun Sebagai Bupati Kabupaten Karimun. Dibawah Kepemimpinannya sebagai Bupati Karimun, beliau membawa suatu perubahan, dengan menjadi kabupaten karimun sebagai kota perdagangan dan perindustrian yang berkembang dengan pesat mengingat kabupaten karimun merupakan salah satu pulau yang ada di provinsi kepulauan riau yang berbatasan dengan Negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura.


Ayah dari 2 orang anak dan seorang istri ini di kenal sangat lembut, penyayang dan agamis. Kebiasaan hidup bersahaja menjadi ciri khas beliau dalam kehidupan sehari-hari. Tidak tampak penampilan yang mewah dalam memimpin kabupaten karimun menjadi cerminan dan kesuksesan beliau membawa kabupaten karimun untuk menjadi salah satu kota yang berkembang diantara 7 kabupaten kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.


Salah satu bukti keberhasilan beliau memimpin kabupaten karimun adalah penghargaan adipura pembangunan dari Menteri Lingkungan Hidup yang diraih pada tahun 2005 dalam mengelola lingkungan pada kabupaten karimun, serta penghargaan atas prestasi kinerja sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan LPPD tahun 2012 dari Menteri Dalam Negeri RI di Istana Negara Jakarta pada Tanggal 24 April 2014. Berkat pengalamannya dalam memimpin kabupaten karimun, menjadi sorotan dan perhatian Muhammad Sani untuk mendampingi beliau sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau guna bertarung di dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Desember 2015.


Setelah melalui serangkaian proses pilkada yang berlangsung aman, maka secara mayoritas masyarakat Kepulauan Riau memilih pasangan Muhammad Sani dan Nurdin Basirun sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang ketiga, dan pada tanggal 12 Februari 2016 dilantik secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta.